Shibuya on Prambors 102 FM
Setiap Hari Minggu
Mulai 11.00 - 14.00
SMS :
9123
Format :
p2(spasi)nama(spasi)umur(spasi)isi pesan
PHONE : (024)8310307

Tracklist 19 Agustus 2008

o1.Younha - Touch
o2.immi - Love song (The Cure Cover)
o3.L'Arc~en~Ciel - Ready Steady Go
o4.AAA - Samurai Heart
o5.YUI - Summer Song
o6.Tohoshinki - Choosey Lover
o7.Malice Mizer - Au Revoir
o8.News - Sayaendou
o9.Chatmonchy - Hana no Yume
1o.Kagrra, - Irodori no Sanka
11.Orange Range - Asterisk
12.Flow - World End
13.Asian Kung fu Generation - After Dark
14.Coltemonikha - Domino
15.Nico Touches The Wall - Broken Youth
16.Fujii Fumiya - True Love



***
okeh, kita mulai dari review tracklist, ada beberapa barang baru tapi lama, seperti Chatmonchy - Hana no Yume, Tohoshinki - Choosey Lover. Ya supaya gak bosen aja ama yang baru-baru.
nah, kalo ada yang 'aneh' ato bisa dibilang underrated itu ada immi - Love Song (yup ini kovering The Cure) Coltemonikha - Domino, Nico Touches The Wall - Broken Youth (kalo yang ini sepertinya bentar lagi jadi terkenal, karena mengisi OST Naruto Shippuuden yang baru).
mulai edisi kali ini, kita mencoba lebih terorganisir dan terencana, misalnya dari jam 7.00 - 7.30 kita baca sms, dari 7.30 - 8.00 lewat dikit, kita membahas tema, dan sisanya dihabiskan dengan membaca sms lagi.
ada yang ngasi saran, ngobrolnya jangan kelamaan, nanti lagu2nya gak keputer smua..
makasi ya atas saran dan kritik yang kalian kirimkan..

eh iya, kemaren agak ada trouble ya? listriknya nge-drop euy, mungkin pengaruh angin dan ujan deres, beneran deres, mpe banjirrrrrrr....
padahal masi musim panas...

tapi, kita ngadain kuis lohh. berhadiah manga Death Note edisi 11 orijinal dari Jepang, jadi smua hurupnya ya pake kanji, katakana dan hiragana. Dijamin butuh kamus buat membacanya. hehehehe

Aho : yah, daripada lumutan di rumah, dimakan rayap, mending dijadiin hadiah, itung2 amal

Yang jadi bahan pertanyaan : yakuza pada awalnya terbagi menjadi berapa divisi?
kita tungguin sampe ada 5 penelpon, dan semuanya njawab 3

Gema : sebenarnya kalo ada yang menjawab beda kita langsung menangin, soalnya kita gak nyari yang benar, tapi yang beda...

setelah diurun rembug selama beberapa saat, akhirnya kita (ada kang Evan juga) memilih Hana sebagai pemenang..
penjelasannya simple, karena diantara para penelpon yang huruf depan namanya berbeda ya cuman Hana...

Aho : sesuai topik kita hari ini juga, Hakuza..
Wulan : Yakuzaaaa
Gema : aho kumat lagi...

oiya, herannya kok bisa ada yang kirim sms ngeluh, katanya News dan beberapa artis laen lagunya gak pernah diputer, blablabla...
loh, jangan salah, coba liat tracklist kita tiap minggu, pasti ada loh ya. palagi Tohoshinki, jadi...jangan buru-buru protes sebelum dapatin bukti.wokeh???

***

Tema kali ini adalah Yakuza, eng ing eng...serem ya dengernya??well, kita cuman ngasi sekilas aja nih, kita rangkum dari berbagai sumber, moga-moga bisa menambah pengetahuan kalian.

Yakuza, juga dikenal sebagai gokudō, adalah sebutan untuk anggota organisasi (tradisional) kriminal yang terorganisir di Jepang, sebutan ini juga untuk mewakili apa yang dianggap sebagai bōryokudan (grup kekerasan). Dan sekarang Yakuza dianggap sebagai organisasi kejahatan terbesar di dunia, karena tercatat mempunyai 84 ribu anggota. Yakuza bisa dikatakan sebagai Mafia-nya Jepang.

Sejarah Yakuza
Yakuza sendiri terbentuk dari abad ke-17, Era Genroku, dan ada 2 teori tentang asal usul Yakuza.
Pertama, Yakuza disebut berasal dari hatamoto-yakko/kabuki mono, yang merupakan kelas rendah dari kasta hatamoto (budak, bawahan shogun).
Sedangkan teori yang lain menyebutkan Yakuza berasal dari machi-yokko, sekelompok orang yang mencoba melindungi kota dari hatamoto-yakko, walopun kalah dari segi jumlah dan kekuatan. Boleh dibilang machi-yakko adalah Robin Hood pada masanya, karena sering mencuri dari orang-orang kaya untuk membantu penduduk desa.
Walaupun berbeda dari sejarah terbentuknya, pada pertengahan Jaman Edo, kedua kelompok ini bergabung menjadi satu dan membentuk 2 divisi.
Yaitu Tekiya (penjual), sekelompok orang yang berpura-pura menjadi pihak keamanan untuk menarik uang perlindungan dari para pedagang. Mereka juga menjual barang-barang palsu dan curian. Divisi yang ke-2 adalah Bakuto (penjudi). -sudah jelas kerjaannya ngapain-
Setelah Perang Dunia ke 2, terbentuklah divisi ketiga dari Yakuza, yaitu gurentai (semacam kelompok tukang pukul bayaran). Bahkan pada masa militerisasi Jepang, beberapa dari mereka masuk ke dunia politik dan membentuk uyoku, (garis militan ultra nasionalis)
Pada masa ini, grup yang paling terkenal adalah kokuryu-kai (black dragon society), organisasi rahasia ultra nasionalis yang anggotanya terdiri dari orang pemerintahan, pejabat militer, ahli bela diri, dan para anggota dunia bawah (underground) yang mengurus spionase dan pembunuhan politik.
Karena itulah para yakuza dengan mudah mulai memperluas daerah kekuasaaannya, dengan menguasai black market dan mengendalikan beberapa pelabuhan besar, dan juga dunia industri hiburan di Jepang.
Dan pada tahun 1948, Kelompok (Klan) Yakuza terbesar di Jepang adalah Yamaguchi-gumi terbentuk, merekalah yang menguasai daerah Kansai, industri hiburan di Osaka dan pelabuhan besar di Kobe. Mereka mulai mengadapatasi gaya barat, dengan memakai jas dan membawa senjata api ala mafia.

Struktur Organisasi Yakuza :
Oyabun : Big Boss
Saiko komon (penasehat senior) : penasehat hukum dan akuntan
So honbucho : ketua kantor pusat
Sateigashira : pemimpin regional
Wakagashira : pemimpin beberapa geng

Beberapa ritual dalam Yakuza :
Yubitsume : memotong jari sebagai bentuk dari permintaan maaf atau penebusan dosa, biasanya yang dipotong adalah ujung jari kelingking dan menyerahkan kepada bosnya. Kadang ada bos yang merasa bertanggung jawab atas kesalahan anak buahnya dan membayar dengan melakukan yubitsume. Tidak jarang juga ada Yakuza yang kehilangan dua kelingkingnya.

Banyak Yakuza yang mempunyai tato seluruh badan yang disebut irezumi. Dan kebanyakan irezumi ini dikerjakan dengan tangan (manual, menggunakan jarum, bambu ato besi) sehingga sangat memakan biaya, sangat sakit dan memakan waktu tahunan untuk menyelesaikan. Pola tato pun mempunyai makna dan karakter seperti kemakmuran atau keberanian.

Para Yakuza juga melakukan pearling, yaitu untuk tiap tahun yang dihabiskan di penjara, ia menindik satu kali di bagian penis dengan mutiara.

Pada saat bermain kartu (Oicho kabu) para Yakuza akan membuka baju dan memamerkan tato ke anggota lain. Hal ini berbeda saat berada di umum, mereka akan memakai baju lengan panjang dan kerah berdiri, agar terlihat membaur dengan masyarakat.

Sakazuki : saling berbagi sake, yang menandakan jalinan kerja sama, persaudaraan baru antar kelompok yakuza.

Kelompok Yakuza di Jepang :
Yamaguchi-gumi : terbentuk dari tahun 1915 dan menguasai 45% dari teritori Yakuza di Jepang dengan memiliki 39 ribu anggota dan dibagi menjadi 750 klan. Telah memperluas daerah operasi hingga Asia dan Amerika Serikat, bahkan, walaupun bermarkas di Kobe, mereka mulai memasuki daerah Tokyo (yang sebenarnya bukan daerah operasional mereka). Sangat bersifat ekspansionis.
Sumiyoshi-rengo : hanya 10 ribu anggota dan dibagi menjadi 177 klan. Merupakan kumpulan dari kelompok kecil Yakuza dan disebutkan memiliki pemimpin lebih dari 1 orang.
Inagawa-kai : 7400 anggota dan dibagi menjadi 313 klan. Bermarkas di Tokyo dan Yokohama dan menjadi Kelompok Yakuza pertama yang memperluas daerah operasi hingga luar Jepang.
Toua Yuai Jigyo Kummiai : didirikan sejak tahun 1948. walaupun dari segi jumlah lebih sedikit dibandingkan yang lain, tapi klan ini dianggap paling berpengaruh di daerah Tokyo

Beberapa fakta dalam dunia Yakuza :
# Hubungan senior-junior (senpai-kohai) sangat berpengaruh.
# Biasanya keanggotaan Yakuza banyak dimulai dari para remaja di SMP ato SMA yang merasa ditinggalkan oleh keluarganya, dan direkrut menjadi bosozoku (geng bermotor), dan bisa melanjutkan karir di dunia yakuza.
# Kantor Yakuza biasanya memasang nama grup atau lambang di sebuah kayu dan dipajang di pintu depan
# Para anggotanya sering memakai kacamata dan baju berwarna warni, supaya mencolok dan "pekerjaan" mereka dikenali orang awam
# Pemasukan Yakuza diperoleh dari biaya perlindungan, hiburan dan industri "lampu merah"(dunia hiburan malam, prostitusi, dll) di wilayah kekuasaannya.
# Para Polisi Jepang jarang ikut campur dalam masalah internal Yakuza, karena itu yakuza masih dianggap sebagai organisasi semi-resmi/sah
# Para Yakuza juga pernah terlibat dalam menolong korban gempa Kobe, yang dilakukan oleh klan Yamaguchi-gumi (yang markasnya berada di Kobe), mereka mengerahkan para anggota dan bahkan helikopter. Hal ini menarik perhatian media, dan dianggap tindakan ini lebih cepat daripada respon pemerintah saat itu.
# Para anggota yakuza yang telah berhenti atau ingin berlibur ke luar negeri memerlukan jari palsu, Ada cerita tentang seorang Yakuza yang berlibur ke Filipina beberapa tahun yang lalu, di bagian bea-cukai airport dia diinterogasi. Saat interogasi itulah jari kelingking palsunya jatuh di meja petugas, si Yakuza tersenyum dan memberikan jari tersebut sebagai suvenir. tidak lama dia pun dideportasi.

***

Sumber : wikipedia, dll

blog comments powered by Disqus