Shibuya on Prambors 102 FM
Setiap Hari Minggu
Mulai 11.00 - 14.00
SMS :
9123
Format :
p2(spasi)nama(spasi)umur(spasi)isi pesan
PHONE : (024)8310307

Tracklist 15 Desember 2009

o1.Stereopony - Seishun ni sono namida ga hitsuyou da!
o2.Tokyo Jihen - Noudoteki Sanpunkan
o3.Cherryblossom - Yume no manual
o4.Dir en grey - Hageshisa to kono mune no naka de karamitsuita Shakunetsu no yami
o5.Do As Infinity - Umareyuku monotachi e
o6.Lamp - Machi wa ame furi
o7.Mai Hoshimura - Sakura Biyori
o8.Yamashita Tomohisa - Loveless
o9.flumpool - Hana ni nare
1o.midori (YMCK) & Hiroko (mihimaru GT) - Tokyo 007



Sekilas Berita

Kode barang bekas di Jepang

Di negara kita, kondisi barang bekas cukup umum disebutkan dalam satuan persen, seperti 99% , 90% dst atau keterangan pendek seperti, kondisi bagus, mulus habis, jarang digunakan dst. Tentu tidak ada perhitungan atau rumus khusus untuk mendapatkan angka itu, karena semuanya hanyalah angka perkiraan saja. Sebelumnya saya juga pernah menemukan istilah mint condition untuk menyebutkan kondisi barang bagus dan juga istilah istilah lainnya. Bagaimana dengan Jepang, yang bisa dibilang sebagai negara produsen kamera terbesar saat ini, tentu cukup menarik juga untuk diketahui setidaknya sebagai pengetahuan tambahan. Negara ini mempunyai kode khusus yang tergolong unik untuk menyebutkan kondisi barang bekasnya tidak terkecuali kamera dan perlengkapannya. Biasanya hanya dengan melihat kode-nya saja kita sudah bisa menebak kondisi barangnya. Beberapa penjelasan singkat tentang kondisi barang biasanya masih tetap ditulis juga misalnya goresan, titik debu, jamur, fogging, kartu garansi dan penjelasan lainnya, sedangkan jumlah shutter atau shutter count untuk kamera biasanya tidak dipermasalahkan.

Grade AA ( baru ) 新品
Barang dalam kondisi 100% baru dan belum pernah digunakan sama sekali. Orang Jepang sering menyebutnya dengan “baru bekas” yang artinya baru tapi bekas atau bekas tapi baru. Kode ini mungkin cukup aneh bagi kita dan tidak lazim, namun umum di temukan di negara ini. Barang pemberian, hadiah, salah beli atau barang sisa stok adalah beberapa penyebabnya. Barang AA ini juga kadang sering di olok olok sebagai barang hasil colongan ! Entah ini joke atau bukan, yang jelas beberapa website toko online biasanya juga mencantumkan kode seri barangnya.

Grade A ( sangat bagus ) 美品
Barang dalam kondisi sangat bagus, sangat jarang digunakan bahkan sering terjadi hanya digunakan sekali dua kali saja, namun karena sudah pernah dipakai dan dalam keadaan plastik segel terbuka, tidak bisa disebut baru.

Grade AB ( bagus ) 良品
Barang dalam kondisi bagus atau dalam kondisi sangat terawat. Kadang ada goresan kecil yang sangat halus dan hampir tidak terlihat kecuali diteliti dengan sangat seksama ataupun menggunakan bantuan kaca pembesar.

Grade B ( biasa ) 普品
Barang dalam kondisi biasa layaknya sebuah barang bekas. Sedikit goresan, sedikit jamuran, fogging, debu, benturan, cat sedikit terkelupas dan tanda tanda pemakaian lainnya yang bisa dilihat dengan sangat jelas.

Grade C ( biasa dengan catatan ) やや難あり
Barang cacat, goresan yang sangat besar dan banyak, jamuran, fogging, benturan yang cukup parah atau beberapa bagian kamera tidak berfungsi dll namun belum digolongkan sebagai barang rusak karena masih bisa digunakan walaupun dengan catatan tertentu.

Grade Junk ( rusak ) ジャンク品
Barang Junk, barang yang 100% rusak. Orang yang senang berexperimen, bongkar pasang dan penganut aliran kanibalisme biasanya adalah konsumen terbesar barang ini.

Kode lain AB+ ( 良上品)
Artinya barang dalam kondisi antara A dan AB. Kemudian ada juga Kebanyakan toko mencantumkan kode dengan huruf romawi seperti di atas disamping juga mencantumkan huruf kanjinya secara bedampingan, kecuali khusus untuk toko online terbesar seperti Mapcamera misalnya, hanya mencantumkan huruf kanjinya saja.

Oleh : Oketo

blog comments powered by Disqus