Shibuya on Prambors 102 FM
Setiap Hari Minggu
Mulai 11.00 - 14.00
SMS :
9123
Format :
p2(spasi)nama(spasi)umur(spasi)isi pesan
PHONE : (024)8310307

Berhubung pada hari Selasa, 4 November 2008, kondisi cuaca tidak memungkinkan sehingga mengakibatkan terputusnya aliran listrik di Prambors, dengan demikian siaran ditiadakan (masa mau pake lilin?)
Diisi dengan review artist aja ya??
semoga berguna..hehehehe

CHATMONCHY, who are they??

Chatmonchy (baca : chattomonchii, pake huruf C), trio cewe pop rock yang berasal dari Tokushima, yang awalnya dibentuk oleh Eriko Hashimoto (vokalis/gitar) di bangku SMU. Chatmonchy, menurut pengakuan Eriko diambil dari kata 'chat' dan 'monkey' dikarenakan semua personelnya pada waktu itu sangat rame, seperti monyet yang sedang ngobrol gak jelas (hahahaha). Pada awal terbentuk, chatmonchy beranggotakan 7 (atau 8, lupa saya ^^;)orang, yang kemudian satu-persatu mengundurkan diri karena ingin fokus pada studinya, hingga akhirnya menyisakan Eriko sendirian. Karena masih mempunyai ambisi dalam bermusik, Eriko pun mulai melakukan perekrutan, dan pada 2002 bergabunglah Akiko Fukuoka (bassis) yang juga merupakan teman sekelas Eriko, sejak saat itu, keduanya mulai berlatih bersama sebagai duo.
Sebenarnya pada tahun 2003, seorang drummer cowo bergabung, tapi tidak bertahan lama, hingga kembalilah Chatmonchy pada format duo. Karena berformat duo, instrumen yang bisa mereka mainkan hanya terbatas pada gitar, piano, dan bass. Eriko pun berniat belajar bermain drum agar bisa terasa lengkap.
Tapi pada Maret 2004, bergabunglah Kumiko Takahashi, seorang drummer dan juga teman satu universitas Eriko, yang tertarik melihat Chatmonchy saat tampil live dengan hanya menggunakan piano dan bass. Setelah merasa lebih komplit dan kompak, Chatmonchy mendaftarkan diri ke sebuah kompetisi band lokal di Tokushima, bernama FM TOKUSHIMA: Hanaharu Band Contest. Mereka pun memenangkan kompetisi itu, dan mendapatkan hadiah utama yaitu kesempatan merekam lagu dan CD-nya disebarkan di wilayah Tokushima. Setelah perjuangan berat yang dilalui ketiganya, akhirnya mereka berhasil merilis album indie Chatmonchy ni naritai, yang mereka jual sendiri dari tangan ke tangan dan berhasil laku sebanyak 1500 kopi!!. Sejak saat itu mereka mulai sering tampil live, dan akhirnya menarik perhatian seorang scout dari Sony Music Entertainment.
Kemudian, Chatmonchy pun bergabung dengan Ki/oon Records (sub label dari Sony, dan juga label dari Ajikan, Laruku dan banyak artis lain).
Dan pada November 2005, mereka merilis mini album debut Chatmonchy has come dengan Junji Ishiwatari (personel band Supercar) sebagai produser dan berhasil menembus #50 Oricon Charts, lagu Hana no Yume yang digunakan sebagai radio single menjadi terkenal di banyak stasiun radio, popularitas mereka semakin menanjak seiring dengan banyaknya kesempatan tampil live.
Setelah perilisan single pertama Koi no Kemuri, Chatmonchy mengumumkan tur nasional pertama mereka smoke ON 06. Bahkan di salah satu live Shinjuku mereka berhasil sold out di hari pertama penjualan tiket. 3 bulan kemudian, mereka merilis single kedua Renai Spirits dan sebulan kemudian album debut Miminari dirilis. Album ini bahkan berhasil #10 Oricon charts.
Setelahnya mereka pun banyak tampiil di event-event seperti NANO MUGEN FES 2006, ROCK IN JAPAN FES 2006, SUMMER SONIC 2006 OSAKA dan MONSTER baSH 2006. Setelah kesuksesan tersebut, pada 2 Oktober, mereka membuat tur nasional kedua Miminari 06. Tur ini meraih kesuksesan tampil di 16 kota. Dengan usia personel (saat ini) yang bisa dikatakan memasuki golden age, diharapkan Chatmonchy kedepannya bisa lebih besar, sukses dan menghasilkan karya-karya apik lainnya. Karena sebuah lagu yang bagus tidak bisa berpatokan dari hasil chart dan penjualan saja.
GO GO CHATTO!!!

Members :
Hashimoto Eriko (橋本絵莉子) (Guitar / Vocals)
Nick name: Ecchan
Birthday: 1983.10.17

Takahashi Kumiko (高橋久美子) (Drums / Chorus)
Nick name: Kumikon
Birth date: April 10th 1982

Fukuoka Akiko (福岡晃子) (Bass / Chorus)
Nick name: Akochan
Birth date: April 16th 1983

Discography :

Albums
[2004.06.06] chatmonchy ni Naritai (チャットモンチーになりたい; We Wanna Be chatmonchy) (Indies)
[2005.11.23] chatmonchy has come (Mini-Album)
[2006.07.05] Miminari (耳鳴り; Ringing Ears)
[2007.10.24] Seimeiryoku (生命力; One's Life Force)

Singles
[2002.xx.xx] Tasogare Nyaanyaa (たそがれニャーニャー) (Indies)
[2003.xx.xx] demo demo demo... (Indies)
[2003.xx.xx] Nya Nya Korobi Yaoki (にゃにゃ転びや起き) (Indies)
[2006.03.01] Koi no Kemuri (恋の煙; Smoke of Love)
[2006.06.07] Ren'ai Spirits (恋愛スピリッツ; Love Spirits)
[2006.11.15] Shangrila (シャングリラ) : OST Hataraki Man
[2007.04.18] Joshi Tachi ni Asu wa Nai (女子たちに明日はない; Girls Won't Have Tomorrow)
[2007.06.20] Tobiuo no Butterfly / Sekai ga Owaru Yoru ni (とび魚のバタフライ / 世界が終わる夜に; The Butterfly of the Flying Fish / The Night When the World Ends)
[2007.09.05] Daidai (橙; Bitter Orange) : OST Bleach
[2008.02.27] Hira Hira Hiraku Himitsu no Tobira (ヒラヒラヒラク秘密ノ扉; Open the Secret Door)
[2008.06.25] Kaze Fukeba Koi (風吹けば恋; Love Blows in the Wind)
[2008.11.05] Somaru Yo (染まるよ; Stain)

DVD
[2007.11.28] chatmonchy Restaurant Appetizer (チャットモンチー レストラン 前菜)
[2008.02.27] chatmonchy Restaurant Soup (チャットモンチー レストラン スープ)
[2008.11.05] chatmonchy Restaurant Main Dish (チャットモンチー レストラン メインディッシュ)

OHP : http://www.chatmonchy.com/

credits to wikipedia, interview

Review
Chatmonchy punya ciri khas sendiri, yaitu (keimutan dan) karakter vokal Ecchan yang boleh dibilang ber-pitch tinggi (kadang terdengar seperti anak kecil bersuara cempreng) didukung dengan lirik lagu yang emosional, unik, dalam dan (kadang) melankolis. Mereka seperti memainkan instrumen sebagai seni yang mengiringi sebuah puisi (lirik) yang dinyanyikan atau bercerita. Ketiga member yang semuanya cewe dan aliran mereka yang (awalnya) indie pop-rock menjadikan mereka fenomena baru dalam dunia musik Jepang dalam 2 tahun belakangan ini. Musik yang dibawakan catchy, sehingga kadang kita bisa menangkap aliran emosi yang pengen disampein oleh Ecchan lewat vokalnya. Suara gitar yang easy listening dan simple, dipadukan dengan kegarangan Akiko dalam memetik bass dan pukulan drum yang dinamis dari Kumiko menjadikan lagu-lagu Chatmonchy tidak hanya sebuah bubble-gum pop, yang selama ini menjadi trademark sebuah band cewe. Kata siapa cewe gak bisa nge-rock??apalagi didukung dengan wajah imut Ecchan, walaupun sudah berumur 25 tahun (hati-hatilah, sudah banyak yang terjerat) ....aransemen yang ciamik dan tidak lupa skill yang mumpuni dari ketiga personilnya.


L to R : Akiko, Kumiko, Eriko

Buat kalian yang belum pernah mendengar Chatmonchy, dan menyukai lagu pop-rock (ballad) mungkin bisa mencoba dari :
#Shangrila : sebuah track yang sangat asik didengar, irama yang catchy dan popish, punya ciri khas sendiri.
#Renai Spirits : ballad, sangat melankolis, slow dan kerasa banget unsur emosinya, karena bercerita tentang keraguan dan cinta yang menyakitkan dari sudut pandang cewe.
#Kaze fukeba koi : lagu yang bertempo cepat, membuat kita seakan ingin berlari mengejar sesuatu (bis atau maling?) karena mendapatkan 'energi' baru dari lagu ini. Melodi yang enak untuk dinikmati, diimbangi dengan olah vokal Ecchan yang khas.


yeey, ecchan de~su

Trust me, siapapun bisa terjerat menikmati alunan lagu chatmonchy lalu review ini akan terlupakan (karena sesungguhnya tidak berguna) dan kalian dengan sendirinya akan ketagihan...
Chatmonchy layak untuk didengar!!! apalagi kalo agak merasa jenuh dengan 'yang itu-itu' saja.
Cute, berseni dan catchy, semua unsur itu ada di chatto..
dan mungkin tiga kata itu yang cocok untuk menggambarkan chattomonchii

CHATMONCHY - HIRAHIRA HIRAKU HIMITSU NO TOBIRA
[SUGOI 2DAYS LIVE IN NIPPON BUDOKAN]



Uploaded by nissea


CHATMONCHY - Somaru yo [PV]

Uploaded by satsukidabesa



Semoga review (dari seorang pemula) kali ini bermanfaat dan tidak berlebihan, saran kritik sangat diharapkan.(aho.)

blog comments powered by Disqus